Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dinobatkan sebagai Juara Umum OFI VI

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dinobatkan sebagai Juara Umum OFI VI

Olimpiade Farmasi Indonesia atau yang biasa disingkat sebagai OFI merupakan kompetisi tahunan yang diadakan bagi mahasiswa Farmasi se-Indonesia. Pada penyelenggaraannya yang keenam pada 26-29 November 2014, OFI kembali diadakan di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat. Kompetisi OFI terbagi menjadi dua bidang, yaitu Bidang Farmasetika/Sains dan Farmakologi/Farmasi Klinis.

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia mengirimkan lima wakilnya pada OFI ke-6, yaitu Evelyn Yuliusman dan Muhammad Ikhsan sebagai delegasi pada Bidang Farmasetika serta Erisa Adellia, Fitri Arum Sari, dan Fitria Handayani sebagai delegasi pada Bidang Farmakologi. Pada OFI ke-VI yang diselenggarakan di Universitas Andalas, sebanyak 68 peserta bidang Farmakologi dan 55 peserta bidang Farmasetika dari total 26 Universitas se-Indonesia berkompetisi untuk memperebutkan 5 kursi finalis pada babak final yang akan terdiri dari tiga tahapan. Dewan juri yang dihadirkan merupakan pakar yang berkompeten dalam bidang Farmasetika dan Farmakologi. Materi yang diujikan dalam babak penyisihan antara lain Stabilitas Obat, Farmakokinetika (BA-BE), Obat Tradisional, IPTEK Kefarmasian, dan pertanyaan spesifik dan erat relevansinya mengenai Bidang Farmasetika atau Farmakologi. Nantinya, nilai dari masing-masing delegasi setiap univesitas pada babak penyisihan akan diakumulasikan kemudian dirata-ratakan untuk menentukan Juara Umum pada kompetisi OFI yang diselenggarakan.

Pada OFI ke-VI ini, Evelyn Yuliusman dan Muhammad Ikhsan berhasil masuk dalam lima besar finalis Bidang Farmasetika. Keduanya dinyatakan sebagai Juara I dan Juara II OFI VI Bidang Farmasetika setelah berhasil mengalahkan tiga finalis lainnya yang berasal dari Universitas Ahmad Dahlan (sebagai Juara III), Universitas Jendral Soedirman, dan Universitas Pancasila. Pada Bidang Farmakologi, Juara I diperoleh oleh Institut Teknologi Bandung, Juara II diperoleh Universitas Surabaya, dan Juara III diperoleh oleh Universitas Sumatera Utara.
Pada penutupan acara yang berlangsung Jumat malam (28/11), Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dinobatkan sebagai Juara Umum OFI VI dan berhak membawa Piala Bergilir Dikti yang pada tahun sebelumnya berada di Institut Teknologi Bandung.



 
HUMAS FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS INDONESIA