Mahasiswa Fakultas Farmasi UI Meraih Juara II dalam Lomba LKTI Nutrition Expo 2014

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Mahasiswa Fakultas Farmasi UI Meraih Juara II dalam Lomba LKTI Nutrition Expo 2014

Nutrition Expo merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Acara ini merupakan serangkaian acara yang terdiri atas Pre-Event berupa penyuluhan kesehatan pada Car Free Day di Sudirman, Jakarta Pusat, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Lomba Poster dan Fotografi, Nutrition Skill Training serta Seminar Gizi Nasional. Rangkaian acara ini diadakan pada tanggal 27-31 Oktober 2014.

Tahun ini, lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat Perguruan Tinggi yang diadakan oleh Nutrition Expo mengambil tema “Kreasi Penganekaragaman Makanan sebagai Langkah Penerapan Salah Satu Pilar Gizi Seimbang”. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan dari beberapa Universitas ternama di Indonesia. Setelah melalui babak seleksi, diperoleh tiga tim yang akan mempresentasikan karya tulis mereka di babak final, yaitu tim dari Fakultas Teknik Kimia Universitas Diponegoro, tim dari Jurusan Tata Boga Universitas Pendidikan Indonesia dan tim dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. Selain harus mempresentasikan karya tulis mereka, para finalis juga harus membawa produk makanan atau minuman yang merupakan ide mereka yang ditulis di dalam karya tulis ilmiah tersebut.

Setelah melalui babak Final pada tanggal 31 Oktober 2014, diperoleh hasil bahwa juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Nutrition Expo dimenangkan oleh tim dari jurusan tata boga Universitas Pendidikan Indonesia, juara kedua diraih oleh tim dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia serta juara ketiga diambil oleh tim dari Fakultas Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Tim dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia yang diwakili oleh Antonius Julio, Evelyn Yuliusman, dan Jennifer Christie mengangkat karya tulis ilmiah yang berjudul “Minuman Sehat Bergizi Seimbang: Solusi Hidup Sehat Masa Kini” dan membuat contoh produk berupa minuman yang mengandung kitosan sebagai bahan pembentuk jelly. Dengan dimenangkannya lomba karya tulis ilmiah dengan tema yang erat kaitannya dengan ilmu gizi dan functional food ini, dapat dilihat bahwa mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia tidak hanya berminat dalam hal pembuatan obat-obatan ataupun melakukan kegiatan pelayanan kefarmasian, melainkan juga memiliki minat yang cukup untuk mengeksplorasi bidang pembuatan makanan dan minuman.

HUMAS FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS INDONESIA