Universitas Indonesia Juara 1 LKTI Tingkat Nasional

Universitas Indonesia Juara 1 LKTI Tingkat Nasional

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara (HMJ AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman (FISIP UnSoed) merangkul mahasiswa se-Indonesia untuk turut berperan dalam menuntaskan masalah-masalah pedesaan serta mewujudkan pembangunan pedesaan yang berkeadilan melalui Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional (LKTIN) dengan tema “Peran Generasi Muda dalam Mewujudkan Pembangunan Pedesaan yang Berkeadilan.” Tema tersebut terbagi menjadi 7 subtema antara lain bidang teknologi, sosial budaya, pendidikan, ekonomi, lingkungan, pangan, dan kesehatan. Oleh karena itu, mahasiswa dari berbagai multidisiplin diundang untuk berkompetisi untuk memenangkan perlombaan ini.

Berdasarkan keterangan dari panitia, terdapat 363 karya tulis yang masuk hingga akhirnya dipilih 15 karya tulis terbaik yang diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karya tulisnya pada tanggal 15 November 2014 di Unsoed. Kelima belas finalis tersebut berasal dari Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Padang, Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dua finalis dari Unsoed, dan hanya satu dari Universitas Indonesia.

Penjurian dilakukan oleh tiga juri yang kompeten pada bidangnya masing-masing dan penilaian dilakukan secara objektif. Ketiga juri tersebut antara lain Prof. Loekas Soesanto, M.S., Ph.D.; Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes.; dan Dr. Rawuh Edi Priyono, M.Si. Berdasarkan hasil penilaian dari penulisan pada karya tulis dan penyajian presentasinya, maka hasilnya dinyatakan bahwa Universitas Indonesia berhak menyandang juara pertama dengan judul “Pharmaceutical Care dalam Pemberian Edible Vaccine untuk Meningkatkan Taraf Kesehatan di Daerah Tertinggal”, kelompok ini terdiri dari Muhammad Ikhsan sebagai ketua, Evelyn Yuliusman, dan Nurul Fajry Maulida, ketiganya berasal dari Fakultas Farmasi. Juara kedua adalah dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, dengan judul “Skrining Tuberkulosis dengan Monoclonal Antibody Strip Test untuk Masyarakat Pedesaan sebagai Upaya Penurunan Prefalensi Tuberkulosis”. Juara ketiga adalah Fakultas MIPA Universitas Diponegoro, dengan judul “Basuki (Batako Sabut Kelapa Multifungsi) sebagai Solusi dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Berbasis Nanoteknologi”. Sementara Juara Harapan I dan II adalah perwakilan dari Unsoed dan Juara Harapan III diraih perwakilan dari Unpad.

HUMAS FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS INDONESIA