Perwakilan Delegasi Fakultas Farmasi Meraih Tempat Ketiga Cabang Debat Kandungan Al Qur’an (Bahasa Inggris) MTQ MN XIV 2015

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Perwakilan Delegasi Fakultas Farmasi Meraih Tempat Ketiga Cabang Debat Kandungan Al Qur’an (Bahasa Inggris) MTQ MN XIV 2015

Perwakilan Delegasi Fakultas Farmasi Natasya L.C Datunsolang pada MTQ MN XIV 2015 Cabang Debat Kandungan Al Qur’an (Bahasa Inggris)

MTQ MN XIV tahun 2015 ini dilaksanakan di Universitas Indonesia dan diikuti 168 perguruan tinggi dengan jumlah peserta 1.897 mahasiswa se-Indonesia. Dalam MTQ mahasiswa ini dilombakan 13 cabang lomba yaitu tilawatil Al Qur’an, tartilil Al Qur’an, qira’at sab’ah, hifzhil Al Qur’an (1 juz, 5 juz dan 10 juz), fahmil Al Qur’an, syarhil Al Qur’an, khaththil Al Qur’an, karya ilmiah Al Qur’an, debat kandungan Al Qur’an (bahasa arab), debat kandungan Al Qur’an (bahasa inggris) dan desain aplikasi komputer Al Qur’an.

Salah satu cabang lomba Cabang lomba Debat Kandungan Al-Quran dalam Bahasa Inggirs diwakili oleh Natasya (Farmasi 2011) dan Nudzran Yusya (Psikologi 2012). Debat bahasa inggris merupakan salah satu cabang lomba dalam UI Quranic Olympiad (UI QO) yang dilaksanakan pada tahun 2014. Fakultas Farmasi mengirimkan 2 delegasi yaitu Natasya dan Carolina Astari (Paralel 2011) dan meraih Juara 2 untuk cabang Debat Bahasa Inggris. Persiapan kafilah UI dilakukan selama 1 tahun melalui pembekalan materi dan latihan rutin dengan mentor.

Lomba Debat Bahasa Inggris pada MTQ MN XIV 2015 dilaksanakan pada tanggal 2, 3, 4, 5 dan 6 Agustus 2015 di Gedung I FIB UI terdiri atas 3 babak penyisihan, babak perempat final, babak semi final dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan selama 3 hari. Setelah berhasil mengikuti tahap babak penyisihan, Kafilah UI untuk Cabang Debat Bahasa Inggris masuk babak perempat final melawan tim dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Pendidikan Indonesia. Pengunguman delapan tim Debat Bahasa Inggris yang lolos ke babak semi final diumumkan pada hari itu juga. Pada babak semi final, Kafilah UI melawan tim dari Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Gorontalo.

Tim Debat Bahasa Inggris UI lolos ke babak final yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2015. Pada babak final, Kafilah UI melawan tim dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Padjajaran. Mosi babak final adalah “This house not allow public sector employees wear religious cloting/symbols in work place”. Hasil MTQ MN XXIV 2015, Kafilah UI mendapatkan peringkat Terbaik III dan The Best Speaker adalah Nudzran Yusya pada Cabang Debat Bahasa Inggris. Perolehan hasil ini merupakan prestasi yang membanggakan. Tahun ini, UI memperoleh juara 3 Umum pada MTQ MN XIV 2015.