Coaching Clinic on Effective Research Article Writing bagi Periset, Dosen dan Pengmas di Lingkungan FF UI

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Coaching Clinic on Effective Research Article Writing bagi Periset, Dosen dan Pengmas di Lingkungan FF UI

Untuk mewujudkan visi Fakultas Farmasi yaitu menjadi salah satu pusat unggulan dalam bidang pendidikan dan penelitian ilmu kefarmasian yang mampu berperan di tingkat global, maka perlu diselenggarakan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel (Coaching Clinic on Effective Research Article Writing).

Dengan adanya pelatihan dan pendampingan penulisan artikel (Coaching Clinic on Effective Research Article Writing), diharapkan periset/dosen/pengabdi masyarakat di lingkungan FF UI mendapatkan pelatihan bagaimana menulis artikel dengan baik dan benar sehingga bisa mempublikasikan artikel dengan baik dan benar serta mempublikasikannya ke jurnal-jurnal internasional berkualitas baik berdasarkan perangkingan jurnal perbidang. Selain itu, Hal ini akan meningkatkan kualitas publikasi di FF-UI, yang berarti mendukung terwujudnya UI sebagai universitas riset.

Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel (Coaching Clinic On Effective Research Article Writing) diselenggarakan oleh unit Riset dan Pengabdian Masyarakat FF UI dibagi dalam 2 gelombang yaitu :

Gelombang pertama (1) diadakan pada tanggal 2, 3 dan 6 Agustus 2018 dengan mengundang narasumber Prof. dr. Nico Vermeulen Division of Molecular Toxicology, Department of Chemistry and  Pharmaceutical Sciences, Faculty of Sciences Vrijie Universiteit Amsterdam, Netherland. Sebelumnya, Prof. Nico memberikan Kuliah Tamu pada hari pertama dengan topik materi “Trends in Scientific Publishing”, “How to Prepare for a good Manuscript?”, dan “How to Select a Good Journal for Your Purposes”. Prof. Nico memberikan tips dan saran bagaimana menulis artikel dengan baik dan mempublish ke jurnal yang berkualitas bagus, dan contoh ilustrasi publikasi.

  

Gelombang kedua (2) diadakan pada tanggal 27 – 30 Agustus 2018, kami mengundang Coach dan Narasumber dari Taylor’s University yaitu Prof. Dr. Dato’Ibrahim Jantan.

Hari Pertama, tanggal 27 Agustus 2018 dibuka dengan Kuliah Tamu dari Prof. Dr. Dato’ Ibrahim dengan memberikan isi materi bagaimana Penelitian mengalami proses eksperimental yang harus sistematis dan mengikuti serangkaian langkah dan protokol standar yang kaku, Penelitian ilmiah harus diatur dan menjalani perencanaan, termasuk melakukan tinjauan literatur atas penelitian sebelumnya dan mengevaluasi pertanyaan apa yang perlu dijawab.Untuk menulis makalah penelitian yang baik membutuhkan keterampilan menulis teknis yang efektif. Untuk mengembangkan keterampilan menulis teknis yang efektif membutuhkan pengetahuan, pengalaman, praktek.