9 Nilai Dasar sebagai Identitas Universitas Indonesia

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

9 Nilai Dasar sebagai Identitas Universitas Indonesia

Berdasarkan visi yang dimilikinya yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia, Universitas Indonesia memerlukan seperangkat nilai budaya yang dapat menjadi acuan bagi semua Warga UI (dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan Majelis Wali Amanat) dalam bersikap dan berperilaku di lingkungan UI. Telah ditetapkan dalam pasal 2, Peraturan Majelis Wali Amanat UI No. 004 Tahun 2015 tentang Anggaran Rumah Tangga Universitas Indonesia, dimana didalamnya tercantum 9 Nilai budaya UI. Ke-9 nilai budaya UI tersebut diantaranya : Kejujuran (Honesty), Keadilan (Just and Fair), Keterpercayaan (Trustworthiness), Kemartabatan (Dignity), Tanggung Jawab (Accountability), Kebersamaan (Togetherness), Keterbukaan (Transparency), Kebebasan Akademik (Academic Freedom) dan Kepatuhan pada Peraturan (Compliance to Laws).

 

Sehubungan dengan rangkaian kegiatan internalisasi 9 Nilai UI tersebut, Selasa (9/4/2019) dilaksanakan acara “9 Values into Action” di Balai Sidang UI, Depok. Dimana susunan acara tersebut terdiri dari laporan penanggungjawab program penguatan 9 Nilai UI oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, “Semua warga UI dapat menerapkan nilai-nilai dasar dalam perilaku sehari-hari di UI, sehingga tak ada lagi perbedaan persepsi yang muncul di berbagai tingkat di UI, semua adalah warga UI yang memiliki nilai budaya dalam berperilaku,” ujarnya.

Acara selanjutnya yaitu sharing session mengenai “Culture & Implementation” oleh Bapak Agus D.W. Martowardojo (Gubernur Bank Indonesia 2013-2018). Beliau mengatakan bahwa 9 Nilai UI tidak akan terwujud jika tidak adanya sinergi dan komitmen oleh sivitas akademika UI. Selain itu dilanjutkan dengan sharing session kedua oleh Ir. Nurhaida, MBA (anggota Dewan Komisioner OJK). Dipenghujung acara diumumkan para Duta Budaya dari masing-masing fakultas se-UI serta penyerahan sertifikat dan pemberian pin Duta Budaya UI oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama. Diharapkan para Duta Budaya UI dapat mensosialisasikan 9 Nilai UI tersebut ke masing-masing warga UI di fakultas dan menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari sebagai Identitas Universitas Indonesia.