Tendik Farmasi UI Kembali Meraih Juara 1 Diktendik Award UI 2019 Kategori Laboran Berinovasi

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Tendik Farmasi UI Kembali Meraih Juara 1 Diktendik Award UI 2019 Kategori Laboran Berinovasi

Selasa, 6 Agustus 2019 lalu telah dilaksanakan acara Diktendik Award UI 2019 oleh Universitas Indonesia di Balai Sidang, Kampus UI Depok. Acara tersebut merupakan bentuk apresiasi Universitas Indonesia kepada pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (karyawan) yang berprestasi. Seperti hal nya yang dikatakan oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, yang memberikan sambutan pada awal acara “Budaya apresiasi perlu dikembangkan untuk meningkatkan kualitas SDM , terutama di Universitas Indonesia. Ajang ini diharapkan dapat memacu setiap individu untuk selalu berinovasi.”

Diktendik Award UI 2019 ini terbagi menjadi 2 klasifikasi yaitu Dosen Berprestasi dan Tenaga Kependidikan Berinovasi. Fakultas Farmasi UI kembali menyabet Juara 1 Diktendik Award UI 2019 Kategori Laboran Berinovasi. Lia Indriana yang merupakan Laboran pada Laboratorium Kimia Medisinal & Bioanalisis FF UI ini sangat tidak menyangka begitu namanya disebut oleh Rektor UI saat membacakan pemenang Juara 1 Kategori Laboran Berinovasi. Setelah melewati beberapa tahapan seleksi akhirnya usaha yang dilakukannya membuahkan hasil.

Latar belakang yang membuat Lia menghasilkan karya yang ungulan yaitu dikarenakan adanya masalah mengenai kepatuhan mengisi logbook pada alat instrument yang ada di laboratorium pendidikan, baik di UI maupun di universitas lain. “Kita tahu bahwa laboratorium pendidikan itu merupakan laboratorium yang diperuntukkan untuk kegiatan pendidikan seperti praktikum dan penelitian. Mengingat akan pentingnya logbook tersebut untuk riwayat penelusuran pemakaian instrument, maka dari itu saya mempunyai inovasi untuk membuat logbook manual tersebut menjadi sistem yang berbasis elektronik atau biasa disebut e-logbook, “ ujar Lia. Sistem e-logbook adalah suatu sistem logbook berbasis komputer dengan menggunakan sistem billing. Sistem billing biasa digunakan pada warnet-warnet dan rumah sakit guna mengontrol segala transaksi yang terjadi. Tetapi e-logbook ini tidak berbayar sama sekali, nominal yang dimasukkan pada kolom pembayaran hanya simbol saja agar pengguna dapat login sebagai member.

Adapun manfaat dari inovasi yang dibuat oleh Lia adalah data pemakaian alat dapat tercatat secara otomatis mulai dari awal pemakaian sampai akhir pemakaian. Meskipun mahasiswa yang bersangkutan lupa untuk menulis logbook manual, maka masih ada data e-logbook yang bisa diunduh. Fakultas Farmasi UI mengucapkan selamat kepada Lia Indriana, semoga prestasi ini dapat diikuti oleh tenaga kependidikan FF UI lainnya ditahun mendatang.