FFUI Melaksanakan Kegiatan Ayo BENAR Cuci Tangan dan Sikat Gigi

FFUI Melaksanakan Kegiatan Ayo BENAR Cuci Tangan dan Sikat Gigi

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema yang dimunculkan yaitu “Ayo BENAR Cuci Tangan dan Sikat Gigi”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 30 Agustus 2019 yang berlokasi di PAUD Al-Hafizh, Kelurahan Kukusan Kota Depok pada pukul 08.00 s.d. 11.30 WIB. Pengabdian masyarakat yang dilakukan merupakan hasil kolaborasi dari para dosen dan mahasiswa Farmasi UI yang bertujuan untuk meningkatkan informasi dan kepatuhan bagi masyarakat, dalam hal ini target yang dituju adalah anak-anak yang merupakan murid-murid PAUD Al-Hafizh, orang tua murid, beserta kader-kader posyandu setempat.

Materi Ayo BENAR dalam Cuci Tangan dan Sikat Gigi dibawakan oleh drg. Atik Ramadhani, PhD, staf pengajar dari Fakultas Kedokteran Gigi UI. Materi ini diberikan kepada para orang tua dan para murid dari PAUD Al-Hafizh dan sekitarnya. Materi ini membahas mengenai informasi seputar cuci tangan dan sikat gigi dengan cara yang benar, serta hubungannya dengan kesehatan. Acara dilanjutkan dengan simulasi untuk peragaan cara menyikat gigi dan mencuci tangan. Setiap murid akan mempraktekan bagaiman cara menyikat gigi serta mencuci tangan yang baik dan benar. Diharapkan, dengan praktek ini murid-murid dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari sehingg dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuhnya.

  

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan program tahunan yang diadakan oleh UI dalam rangka mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Pada kali ini, Farmasi UI yang dikoordinasi oleh Widya Dwi Aryati, M.Si., Apt. selaku ketua pelaksana kegiatan, Nuriza Ulul Azmi, M.Sc., Apt., Rezi Riadhi Syahdi, S.Farm., M.Farm., dan Baitha Palanggatan Maggadani, M.Farm., Apt. selaku anggota pelaksana, serta mahasiswa Farmasi UI, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan skema UI Peduli dan target masyarakat adalah anak-anak. Lokasi yang dipilih adalah daerah sekitar UI, yaitu Kelurahan Kukusan yang telah bekerjasama selama 3 tahun berturut-turut untuk program pengabidian masyarakat dengan Fakultas Farmasi UI.

Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan melalui cuci tangan dan sikat gigi sehingga dapat meningkatakan kualitas kesehatan masyarakat. Selain bermanfaat untuk masyarakat, kegiatan ini juga bermanfaat bagi penyelenggara karena dapat meningkatkan kepedulian kepada masyarakat di sekitar kita.

Respon yang diberikan oleh masyarkat sekitar terhadap kegiatan ini sangat positif. Mereka melaksanakan kegiatan dengan antusias dan mengharapkan untuk dapat terus bekerjasama.