Spread Out The Nature, Pimpinan FF UI beserta 170 Mahasiswa Baru 2019 Melaksanakan Kegiatan Penanaman Tanaman Obat di Kebun Herbal FFUI

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Spread Out The Nature, Pimpinan FF UI beserta 170 Mahasiswa Baru 2019 Melaksanakan Kegiatan Penanaman Tanaman Obat di Kebun Herbal FFUI

Senin, 7 Oktober 2019 Segenap Pimpinan Fakultas Farmasi UI, mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Manager, Kaprodi beserta mahasiswa baru angkatan 2019 berkumpul bersama di Kebun Herbal FFUI (Gedung Profesi dan Pascasarjana) untuk melaksanakan kegiatan Spread Out The Nature (SPROUT). Kegiatan SPROUT ini berupa penghijauan penanaman tanaman/pohon di lingkungan Fakultas Farmasi UI.

Kegiatan SPROUT ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Mahasiswa Baru FFUI. Untuk tahun ini mereka memilih untuk melakukan penghijauan di lingkungan sekitar, karena gerakan penghijauan merupakan gerakan penting  untuk perkembangan lingkungan yang lebih baik. Tema yang diambil dari kegiatan ini yaitu “Grow Together” yang dapat diartikan sebagai gerakan untuk perkembangan lingkungan (khususnya lingkungan FFUI) menjadi lebih baik secara bersama-sama oleh sivitas akademika FFUI yang terdiri dari pimpinan, dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian sambutan ketua panitia pelaksana yaitu mahasiswa baru 2019 dan pemberian sambutan oleh Dekan FFUI. Selanjutnya, penyerahan simbol tanaman obat herbal oleh Mahasiswa Baru 2019 kepada Dekan, Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. berupa tanaman Betadine (Jatropha Mulitifida Linn), lalu kepada Wakil Dekan II, Prof. Dr. Arry Yanuar, M.Si., Apt. berupa tanaman Minyak Kayu Putih (Melaleuca Leucadendra syn. M. Leucadendron) dan kepada Wakil Dekan II, Prof. Dr. Abdul Mun’im, M.Si., Apt. berupa tanaman Melati Kosta (Brunfelsia Uniflora). Ketiga pimpinan tersebut melakukan penanaman tanaman bersama, selanjutnya diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2019 untuk melakukan penanaman. Tanaman obat herbal yang ditanam oleh mahasiswa baru diantaranya tanaman Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus), Miana (Plectranthus Scutellarioides), Keci Beling (Strobilanthes Crispa), Gandarusa (Justicia Gendarussa) dan Suji (Dracaena).

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan SPROUT ini yaitu untuk penghijauan lahan di sekitar FFUI, dan untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa akan lingkungan sekitar. Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan penanaman ini yaitu dapat membantu menghijaukan lahan-lahan di FFUI serta memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara menanam yang baik dan benar.