Donasi Hand Sanitizer untuk Tenaga Kesehatan dari Fakultas Farmasi UI dan PT. Hunstman Indonesia

Donasi Hand Sanitizer untuk Tenaga Kesehatan dari Fakultas Farmasi UI dan PT. Hunstman Indonesia

By On Wednesday, September 09 th, 2020 · no Comments · In

Kamis (3/09/2020) di Gedung FFUI, dilaksanakan kegiatan simbolik penyerahan donasi hand sanitizer ke beberapa faskes oleh Fakultas Farmasi UI bersama PT. Huntsman Indonesia. Kegiatan donasi hand sanitizer ini diberikan secara gratis bagi tenaga kesehatan yang membutuhkan, dimana kegiatan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban  dan kontribusi dari Fakultas Farmasi UI dan PT. Hunstman Indonesia terhadap masyarakat umum di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kegiatan donasi ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh FFUI bersama PT. Huntsman Indonesia pada bulan  Juni lalu, dan dimulai dari bulan Agustus 2020 hingga bulan Januari 2021. Dimana PT. Hunstman Indonesia memproduksi larutan hand sanitizer sebanyak 24.000 liter , lalu dikirimkan ke Fakultas Farmasi secara berkala sebanyak 4.000 liter (4 ton) per bulan selama 6 bulan untuk dilakukan uji kadar dan uji antimikroba produk, setelah itu dilakukan proses pengemasan, labelling sesuai aturan Kemenkes, serta melakukan pendistribusian. Selain itu, FFUI juga membantu untuk proses ijin di Kementerian Kesehatan RI.

Penyerahan donasi hand sanitizer untuk tenaga Kesehatan ini dihadiri oleh Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. (Dekan FFUI) dan dihadiri pula oleh Andry K. Wicaksono selaku Direktur dari PT. Hunstman Indonesia. Beberapa instansi yang hadir untuk menerima hand sanitizer ini diantaranya Dinkes DKI Jakarta menerima 200 liter cairan hand sanitizer yang sudah dikemas, Dinkes Depok menerima 200 liter cairan, Fakultas Ilmu Keperawatan UI menerima 200 liter, Wisma Atlet menerima 500 liter, RS Mintohardjo menerima 200 liter, RS Marzoeki Mahdi Bogor menerima 200 liter.

Selain beberapa instansi diatas, beberapa instansi lainnya juga telah menerima donasi hand sanitizer dari FFUI dan PT.Huntsman Indonesia diantaranya Fakultas Teknik UI menerima 40 liter, RSPAD Gatot Soebroto menerima 500 liter, RS. Harapan Bunda menerima 220 liter, RS. Persahabatan menerima 500 liter, RS. Pusat Otak Nasional menerima 500 liter, Puskesmas Sukamaju menerima 20 liter, dan UNHAN menerima 100 liter.

Pembagian donasi akan dilakukan secara berkala sampai persediaan hand sanitizer yang diproduksi habis. Semoga pembagian donasi hand sanitizer ini bermanfaat bagi para pihak yang menerima dan semoga pandemi virus Covid-19 ini segera berakhir.