FFUI Berkerja Sama dengan TNI Selenggarkan Vaksinasi Massal di Desa Sasakpanjang

FFUI Berkerja Sama dengan TNI Selenggarkan Vaksinasi Massal di Desa Sasakpanjang

By On Monday, September 27 th, 2021 · no Comments · In

Dalam rangka program pengabdian masyarakat dan World Pharmacist Day, Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengadakan vaksinasi COVID-19 di Desa Sasakpanjang, Kecamatan Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat pada hari Sabtu 25 September 2021.  Program ini merupakan implementasi dari salah satu program desa binaan FFUI yang merupakan bentuk pengabdian masyarakat FFUI dalam rangka meningkatkan cakupan vaksinasi di desa binaan untuk pengendalian penyakit COVID-19. Acara ini dihadiri oleh para pimpinan dan manajer FFUI, Kepala Desa Sasakpanjang, Komandan Rayon Militer (Danramil) Bojong Gede, Ketua RW, perwakilan Human Initiative, dan Kepala Puskesmas Tajurhalang.

Kegiatan vaksinasi yang didukung oleh Puskesmas Tajurhalang ini diawali dengan sambutan oleh Ketua RW, Danramil, Dekan, dan Kepala Desa yang sekaligus secara resmi membuka acara. Dalam sambutannya, Ibu Andi Umi Julaika, Kepala Desa Sasakpanjang menyampaikan ucapan terima kasih kepada FFUI dan Kodim atas Program ini. “Terima kasih kepada FFUI dan Kodim yang mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi warga kami. Ke depannya, pelayanan administratif di desa hanya akan dilakukan bagi warga yang sudah memperoleh vaksin”, ujar Ibu Andi.

Lebih lanjut, Bapak Rudi Sofyan, Ketua RW 12 Desa Sasakpanjang turut menyampaikan terima kasih kepada FFUI karena telah memfasilitasi kegiatan vaksinasi COVID-19 ini, dan juga kepada TNI yang memasok vaksin, Kepala Desa yang mendukung kegiatan, serta Puskesmas yang melakukan vaksinasi. “Dari kegiatan ini, diharapkan herd imunity meningkat dari yang tadinya 60% menjadi 90 bahkan 100%”, harap Bapak Rudi.

Danramil Bojong Gede, Kapten Edi Sugiharto menyampaikan bahwa warga tidak perlu khawatir mengenai kekurangan vaksin. Ia sangat mendukung kegiatan yang diinisasi oleh FFUI ini, maka ia dan jajaran TNI akan berusaha terus memasok vaksin dalam jumlah banyak agar seluruh warga mendapatkan vaksin. Dukungan yang diberikan oleh TNI tentu sangat membantu program vaksinasi COVID-19 agar tersebar secara merata.

Berbicara mengenai Program Pengmas FFUI, Dekan FFUI, Dr. apt. Mahdi Jufri, M.Si mengutarakan beberapa program yang telah dijalankan oleh FFUI sebagi upaya kontribusi dalam pengendalian penyakit, salah satunya pendistribusian hand sanitizer. “Sejak adanya pandemi COVID-19, FFUI terus berupaya untuk berkontribusi dalam pengendalian penyakit. dengan kerjasama dengan perusahaan dari Amerika, kami telah mendistribusikan ribuan liter hand sanitizer ke puskesmas, RS TNI, Polri, RS Pemerintah, dan lembaga lain. Vaksinasi massal ini juga dilakukan sebagai bentuk sumbangsih kami dalam penanganan COVID-19″, ujar Bapak Mahdi.

Acara berjalan dengan lancar, seluruh warga sangat antusias mengikuti acara vaksinasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan herd immunity seluruh warga meningkat dan penyakit COVID-19 terkendali. Bagi warga Desa Tajurhalang harap tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah divaksinasi.