FFUI bersama DPPM UI Selenggarakan Bakti Sosial sebagai Bentuk Kepedulian terhadap Bangsa

FFUI bersama DPPM UI Selenggarakan Bakti Sosial sebagai Bentuk Kepedulian terhadap Bangsa

By On Monday, December 20 th, 2021 · no Comments · In

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) bekerja sama dengan PT Sarana Multigriya Finansial dan didukung oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI mengadakan kegiatan bakti sosial di Kelurahan Pondok Cina, Depok, pada hari Sabtu (18/12/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Berna Elya, M.Si., Apt. selaku Ketua Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FFUI, Tim Pengmas FFUI, dan Sekretaris Kelurahan Pondok Cina.

Kegiatan yang diinisasikan oleh FFUI ini merupakan bagian dari rangkaian pengabdian masyarakat “Program Sehat Lawan Covid-19” tahun 2021. Sebelumnya FFUI telah menyelenggarakan webinar series yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai Vaksin Covid-19 dan Penguatan Aspek Psikologi dan Ekonomi yang dapat dilihat kembali pada Youtube Fakultas Farmasi UI.

Salah satu rangkaian kegiatan bakti sosial FFUI yaitu pemaparan materi mengenai Virus Omicron yang disampaikan oleh salah satu Dosen Fakultas Farmasi UI, Dr. Heri Setiawan, M.Sc., Apt.  Omicron yang merupakan varian virus Covid-19, saat ini sedang meresahkan masyarakat dan belum banyak yang diketahui mengenai varian virus baru ini. Dalam pemaparannya, Heri menyampaikan kepada warga Kelurahan Pondok Cina bahwa virus Omicron ini menular dengan cepat sehingga perlu pencegahan ekstra terhadap varian virus ini, dan segera melakukan vaknisasi lengkap.

“Hal ini dikarenakan varian Covid Omicron ini cepat menular sehingga transmisi virus juga perlu ditekan untuk mencegah agar tidak timbul mutasi-mutasi berikutnya yakni dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, serta tidak berkerumun di ruang tertutup dan memiliki ventilasi yang buruk,” ujar Heri.

Lebih lanjut, Heri juga menjelaskan pentingnya melakukan vaksinasi lengkap untuk mencegah keparahan gejala yang dialami jika tertular dan dapat mengurangi kemungkinan rawat inap di Rumah Sakit. “Vaksinasi perlu dilakukan dalam upaya untuk mencegah tingkat keparahan dan mengurangi hospitalisasi,” tambahnya.

Di akhir acara, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi UI memberikan bingkisan paket sehat berupa makanan siap saji, masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, vitamin dan madu kepada perwakilan masyarakat kelurahan Pondok Cina Depok. Selain paket sehat, Tim FFUI juga memberikan pesan melalui selebaran kepada warga yang berisi himbauan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam rangka mencegah infeksi virus Covid-19, terutama Omicron, dalam rangka persiapan pencegahan reinfeksi saat perayaan tahun baru.

Sekretaris Kelurahan Pondok Cina, Santoso Lilik, S.E menyampaikan bahwa para warga sangat menantikan bakti sosial ini. “Terima kasih atas segala perhatian dan kepedulian dari Farmasi UI, semoga dapat membawa manfaat untuk kita semua”, kata Santoso. Menanggapi hal tersebut, Prof Berna, selaku Ketua Pengmas FFUI turut menyampaikan terima kasih kepada Kelurahan Pondok Cina dan berharap kedepannya akan ada kerja sama yang lebih baik untuk kesejahteraan dan kesehatan para warga.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih siap untuk menghadapi penyebaran varian Omicron yang kini dikabarkan telah memasuki Indonesia. Jangan sampai lengah, kuatkan imun, dan jaga kebersihan. Mari cegah penyebaran virus Covid-19!