FFUI Kirim Dua Mahasiswa dalam Program Pertukaran Pelajar Universitas Tsukuba, Jepang

FFUI Kirim Dua Mahasiswa dalam Program Pertukaran Pelajar Universitas Tsukuba, Jepang

Sakura Science Exchange Program (SSEP) 2023 adalah program pertukaran pelajar di Universitas Tsukuba yang diselenggarakan dan diinisiasi oleh Japan Science and Technology Agency (JST). Program ini mengundang para mahasiswa asing dari universitas yang bermitra dengan organisasi pendukung yang terlibat dalam SSEP untuk melakukan kunjungan jangka pendek di Jepang. Kunjungan ini memberikan kesempatan untuk mempelajari budaya serta teknologi terbaru dari negara Jepang di bidang sains.

Pada tanggal 19 – 25 Februari 2023 lalu, Fakultas Farmasi Universitas Indonesia sebagai salah satu mitra Universitas Tsukuba mengirimkan dua mahasiswa delegasi atas nama Bintang Putra Ridzky (FFUI 2021) dan Patricia Heidi Surjadidjaja (FFUI 2020). Kegiatan SSEP ini mengharuskan setiap peserta melakukan kegiatan penelitian pada bidang ilmu yang dialokasikan dan memaparkan hasil penelitiannya di akhir program.

Delegasi atas nama Bintang melakukan penelitian singkat di Laboratoroium Molecular Virology, yang di supervisi oleh Professor Kawaguchi Atsushi dan mengangkat topik “Molecular Mechanism of Myocardial Necroptosis in Seasonal Influenza, Mediated by Mitochondrial Dysfunction as a Virus-related Host Factor”. Delegasi lainnya yaitu Patricia melakukan penelitian singkat di Laboratorium Endocrinology and Metabolism, yang disupervisi oleh Professor Shimano Hitoshi dan mengangkat topik “Role of CTBP 2 Gene in Skeletal Muscle”.

Selain melakukan penelitian, seluruh peserta program SSEP 2023 juga diberikan tur di fasilitas Proton Beam Therapy Center yang berlokasi di Rumah Sakit Universitas Tsukuba. Fasilitas tersebut merupakan teknologi mutakhir untuk terapi tumor dan kanker.

Bintang Putra Ridzky (FFUI 2021) dan Patricia Heidi Surjadidjaja (FFUI 2020)

“Begitu banyak sekali pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan dalam program ini. Program ini membangkitkan minat saya terhadap riset dan keinginan untuk melanjutkan studi di negeri sakira tersebut demi memajukan sains dan teknologi yang dimiliki oleh Indonesia”, ujar Bintang saat dimintai kesan atas keikutsertaannya pada kegiatan tersebut.

Selaras dengan kesan dari Bintang, Patricia turut memberikan kesan positif dan Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada FFUI dan rekan-rekan delegasinya yang telah membantu program SSEP ini hingga berjalan lancar.

“Kesempatan berpartisipasi di dalam SSEP 2023 adalah kesempatan sekali seumur hidup yang tidak tergantikan bagi saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Fakultas Farmasi UI dan partner delegasi saya, Bintang, serta teman-teman delegasi lain dari Indonesia, Jepang, Vietnam, dan Taiwan yang sudah membantu program ini berjalan lancar dan sukses”, kata Patricia.

Patricia juga berharap kedepannya akan ada lebih banyak lagi mahasiswa FFUI yang tertarik untuk mengikuti program ini karena manfaat, ilmu pengetahuan, serta pengalaman yang didapat sangat unik dan tidak tergantikan. FFUI turut mendukung penuh para mahasiswanya untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dari universitas-universitas luar serta mendapatkan inspirasi yang mungkin tidak mereka dapat di sini.

Delegasi Mahasiswa Indonesia pada Sakura Science Exchange Program (SSEP) 2023