FFUI dan NAIST Bahas Peluang Lanjut Studi bagi Mahasiswa FFUI

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

FFUI dan NAIST Bahas Peluang Lanjut Studi bagi Mahasiswa FFUI

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) menerima kunjungan dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang, pada hari Senin (4/9/2023) di Ruang PA-212, Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI. Kunjungan ini bertujuan untuk mengembangkan kerja sama yang sudah terjalin antara UI dengan NAIST, termasuk mengenalkan riset yang dilakukan oleh NAIST. Selain itu, pihak NAIST juga memaparkan kesempatan bagi para mahasiswa FFUI yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di NAIST.

Kunjungan ini dihadiri oleh Prof. Dr. apt. Arry Yanuar, M.Si selaku Dekan FFUI; Prof. Dr. apt. Fadlina Chany Saputri, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, serta para Manajer, Ketua Prodi, Dosen, dan juga mahasiswa Pascasarjana FFUI. NAIST mendatangkan 3 orang narasumber yang merupakan Profesor atau Guru Besar dan Asisten Profesor di sana, yaitu Prof. Hisaji Maki yaitu ahli dalam biological sciences, Prof. Yasumasa Bessho yaitu Director of Indonesia Office yang juga merupakan ahli dalam biological sciences, dan Asst. Prof. Juan Paolo Bermundo yaitu ahli dalam material sciences.

Dalam sesi pemaparan, ketiga narasumber memaparkan tiga tema yang berbeda. Prof. Hisaji Maki mengangkat topik tentang “NAIST’s International Activity”, ia membahas terkait pengenalan awal tentang NAIST, kesempatan melanjutkan studi di NAIST, dan berbagai macam kegiatan internasional yang dilaksanakan oleh para sivitas akademika NAIST.

Narasumber kedua, yaitu Prof. Yasumasa Bessho yang mengangkat topik tentang “New Collaboration Centers in NAIST”. Ia membahas lebih lanjut terkait pengenalan riset di laboratorium yang ada di divisi Biological Sciences NAIST dan pusat kolaborasi baru di NAIST.

Narasumber terakhir, yaitu Asst. Prof. Juan Paolo Bermundo mengangkat topik tentang “Research Activities in NAIST”. Ia membahas lebih lanjut dan detail terkait pengenalan riset di laboratorium yang ada di divisi Materials Science NAIST, termasuk risetnya terkait semikonduktor oksida dan pemanfaatannya.

Dalam sambutannya, Prof Arry yang juga merupakan Alumni dari Program Doktoral di NAIST berharap kunjungan ini dapat memotivasi para dosen dan mahasiswa yang hadir untuk bekerja sama melakukan riset dan melanjutkan studi di NAIST. “Ini merupakan kesempatan yang baik bagi para periset kita untuk mengembangkan kolaborasi penelitian dengan para professor dan peneliti di NAIST. Saya juga berharap mahasiswa di sini yang didominasi oleh mahasiswa pascasarjana termotivasi untuk mengeksplorasi ilmunya dimanapun, dan mungkin NAIST merupakan tempat yang tepat untuk kalian semua”, ujarnya.

Prof. Hisaji Maki, mewakili rekan lainnya menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. “Terima kasih kepada Universitas Indonesia atas kesempatan ini. Kami harap kedatangan kami yang singkat ini memberikan manfaat yang besar bagi Farmasi UI”, ungkapnya.