FFUI Sukses Gelar Program UI CREATES untuk Pertama Kalinya

FFUI Sukses Gelar Program UI CREATES untuk Pertama Kalinya

By On Wednesday, November 22 nd, 2023 · no Comments · In

Program UI CREATES muncul sebagai salah satu strategi UI melalui fakultas-fakultas untuk memberikan akses pendidikan yang bermutu, serta menjalankan visi internasionalisasi universitas. Program singkat berbentuk perolehan kredit yang menjadi cikal bakal UI CREATES telah berjalan sejak tahun 2015. Pada tahun 2020, UI mulai mengembangkan Program UI CREATES dan sampai dengan tahun 2021, UI telah menyelenggarakan sekitar 40 program singkat berkredit yang diselenggarakan secara daring bagi mahasiswa asing di UI dengan total jumlah partisipan mahasiswa sebanyak 800 orang.

Pada tahun 2023 ini, Fakultas Farmasi UI untuk pertama kali menyelenggarakan Program UI CREATES sebagai salah satu strategi pengembangan pengajaran dan berbagi pengetahuan kepada mahasiswa asing. Sebanyak 180 peserta mendaftar program ini yang kemudian disaring berdasarkan persyaratan dari tim pengajar sehingga terpilih 83 peserta. Mengangkat tema besar yaitu “Pharmacotherapy: Infectious Disease”, perkuliahan ini berjalan selama 2 bulan sejak 12 Juli hingga 28 Agustus 2023, yang terdiri dari 14 pertemuan. Setiap perkuliahan diampu oleh 2 dosen FFUI bidang farmasi klinis.

Tidak hanya kegiatan kuliah, program ini juga menyelenggarakan kegiatan “Travel Grant” pada tanggal 10 – 17 Oktober 2023. Kegiatan travel grant merupakan kegiatan yang diusung untuk meningkatkan data in-bound dari Fakultas Farmasi UI, meningkatkan antusiasme dari peserta UI CREATES, dan juga sebagai strategi guna meningkatkan minat mahasiswa asing untuk melanjutkan studi di Fakultas Farmasi UI. Kegiatan travel grant disusun untuk menunjukkan kepada mahasiswa asing tentang sistem perkuliahan di UI, seluruh fasilitas di UI termasuk RSUI, khususnya pada instalasi farmasi, dan juga kunjungan budaya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 – 17 Oktober 2023. Fakultas Farmasi mengundang dua mahasiswa asing yang berasal dari Uganda dan Colombia, mereka merupakan 1st dan 2nd Best Participant pada kegiatan perkuliahan UI CREATES. Namun, salah satu mahasiswa asing yang berasal dari Colombia batal untuk mengikuti program travel grant karena keterbatasan biaya. Fakultas Farmasi melalui dana hibah UI CREATES memberikan bantuan dana sebesar 1307 USD kepada masing-masing peserta terpilih, serta menanggung biaya akomodasi, makan, dan transportasi kepada mereka di luar dari bantuan tersebut.

Kegiatan ini tetap berjalan dengan mendatangkan satu mahasiswa asing dari Uganda, bernama Patrick Mbwire yang mana merupakan mahasiswa sarjana Makerere University. Ia datang pada tanggal 10 Oktober 2023 dan kembali ke negara asal pada tanggal 17 Oktober 2023. Mahasiswa tersebut menjalankan banyak program kegiatan, seperti tour UI, pengenalan apotek simulasi, dan beberapa laboratorium di Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) dan FF UI, kunjungan ke Rumah Sakit UI, seat-in lecture, penampilan budaya dari BEM FFUI, kunjungan budaya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta penyerahan sertifikat dan transkrip nilai hasil dari Program UI CREATES.

Dengan dibiayai oleh Kantor Internasioal UI sebesar Rp150.000.000, UI telah terbukti berhasil memberikan wadah untuk memberikan akses pengajaran lintas negara dan benua bagi mahasiswa-mahasiswa asing yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi tim pengajar untuk dapat meningkatkan kapabilitasnya dalam mengajar dengan suasana internasional sehingga dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi pengajar FF UI dalam mengisi kuliah skala internasional. Kegiatan ini juga dinilai mampu menjadi ajang promosi dan daya tarik bagi mahasiswa asing untuk dapat bergabung menjadi mahasiswa asing di FF UI.

Selain itu kegiatan UI CREATES FF UI juga telah membawa dampak positif bagi mahasiswa-mahasiswa FF UI untuk memperluas jaringan internasional, menambah teman,  mengasah kemampuan berbahasa inggris, dan penuansaan internasionalisasi di dalam kampus yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing global bagi mahasiswa FF UI. Dalam pidato kesan pesannya, Patrick, mahasiswa asing penerima travel grant menyampaikan rasa terima kasih nya kepada UI.

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, karena program ini telah meningkatkan dan menambah pengetahuan saya dalam bidang farmakoterapi bidang infeksi yang saat ini masih sangat relevan dengan situasi di Uganda”, ujarnya.

Rekognisi secara internasional oleh UI bagi dirinya juga diharapkan dapat membawa manfaat untuk perjalanan studi dan karir kedepannya. Kesan baik yang sangat mendalam selama kegiatan terbukti mampu menimbulkan motivasi bagi mahasiswa asing untuk dapat kembali ke UI dan bergabung menjadi mahasiswa di FF UI. Diharapkan kedepannya program UI CREATES ini dapat terus berjalan dengan lebih baik lagi dan membawa manfaat yang lebih luas bagi para peserta dan sivitas akademika UI yang terlibat.