Selamat Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ke-72

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Selamat Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ke-72

Farmasi (bahasa Inggris: pharmacy, bahasa Yunani: pharmacon, yang berarti: obat) adalah bidang professional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, dan bertanggungwab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia disingkat PAFI adalah organisasi yang menghimpun Tenaga Ahli Farmasi Profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia, sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Enam bulan setelah Proklamasi Negara Republik Indonesia, dibentuklah secara nasional PAFI. Yaitu tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka Yogyakarta dan sebagai anggota pendiri yang berjasa diangkatlah Ketua PAFI pertama, Bpk. Zainal abidin. Dan sampai saat ini Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia diperingati setiap tanggal 13 Februari.

PAFI merupakan organisasi farmasi tertua di Indonesia, bahkan Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul keberadaannya daripada profesi apoteker. Hal ini disebabkan karena pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang mampu dijalankan, bahkan rintisannya harus dididik langsung di Negeri Belanda.│sumber : id.wikipedia.org

Selamat Hari Persatuan Ahli Farmasi bagi seluruh Farmasis di Indonesia!