Dies Natalis FF UI ke-9 : “Maju Bersama Berbakti Pada Negerï”

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Dies Natalis FF UI ke-9 : “Maju Bersama Berbakti Pada Negerï”

Pada Senin (30/11/2020), Fakultas Farmasi Universitas Indonesia melaksanakan acara Dies Natalis ke-9 dengan tema “Maju Bersama Berbakti Pada Negeri”. Ditengah-tengah pandemi COVID-19, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini tetap dilangsungkan, namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dan live streaming di Youtube.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh audiens dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FF UI, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), dan Rektor UI. Dalam sambutannya, Dekan FF UI, Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. menyampaikan bahwa dengan meningkatnya jumlah mahasiswa dan kegiatan riset di FF UI, maka FF UI berencana memulai pembangunan gedung baru untuk menunjang kegiatan dengan fasilitas yang lebih memadai. FF UI juga mengadakan penggalangan dana untuk pembangunan gedung baru ini pada link berikut: https://sahabatmakara.ui.ac.id/index.php/campaign/detail/38

Selanjutnya, rangkaian acara lainnya adalah pemaparan mengenai peran aktif FF UI dalam menghadapi COVID-19 oleh Prof. Dr. Arry Yanuar, M.Si, Apt (Wakil Dekan I FF UI). Selama pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia, FF UI bersama Alumni bergerak melakukan upaya untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi ini, antara lain produksi hand sanitizer yang disalurkan ke berbagai fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit dan Klinik. FF UI juga melaksanakan berbagai acara ilmiah dan Pengabdian Masyarakat  dalam bentuk webinar. Upaya yang dilakukan oleh FF UI tidak terlepas dari peran mitra industri dan lembaga yang berkontribusi bagi Tridharma FF UI dalam satu tahun terakhir.

Untuk itu, FF UI turut memberikan penghargaan dan apresiasi kepada mitra industri dan lembaga terkait. Apresiasi pertama diberikan kepada Daewoong Foundation (diwakili oleh PT Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia) yang telah berdonasi sebesar USD 2 juta sebagai hibah kepada UI untuk pembangunan Bio Analytical Center Laboratory serta instrumen penelitian di gedung ILRC UI. Kedua, apresiasi diberikan kepada PT Huntsman Indonesia yang telah memberikan donasi berupa bahan baku hand sanitizer sebanyak 24 ton yang setara dengan Rp1,44 Miliar. Ketiga, apresiasi diberikan kepada Chong Kun Dang Kochon Foundation yang telah memberikan beasiswa senilai Rp95.737.530 kepada mahasiswa FF UI. Selain itu, FF UI juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Pemerintah Kota Depok, Universitas Esa Unggul, UPN Veteran Jakarta, Universitas Pertahanan, PT. Telkom, kitabisa.com, PT. Danone, PT. Martina berto, PT. Dexa Medica, dan PT. Paragon atas kerjasama yang baik selama ini dengan FF UI.

Rangkaian acara Dies Natalis FF UI ke-9 dilengkapi dengan Orasi Ilmiah oleh Prof. Dr. Maksum Radji, M.Biomed., Apt. dengan topik ‘Perkembangan Vaksin COVID-19’. Prof. Maksum menyampaikan bahwa beberapa kandidat vaksin menunjukkan hasil uji klinis fase 3 yang efektivitasnya menjanjikan, namun perlu dimaknai dengan saksama. Dengan adanya Orasi Ilmiah ini, acara Dies Natalis FF UI menjadi sangat informatif dan membantu masyarakat untuk memahami perkembangan vaksin dengan lebih mudah.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan apresiasi Purnabakti, dosen dengan H-index tertinggi, paten dan hak cipta, alumni berjasa, dan mahasiswa berprestasi (Mapres) utama FF UI oleh Prof. Dr. Abdul Munim, M.Si., Apt. (Wakil Dekan II FF UI). ILUNI FF UI juga turut berkontribusi dalam acara ini dengan memberikan pemaparan tentang update kegiatan ILUNI FF UI dan persembahan hiburan. Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh ILUNI FF UI antara lain penggalangan dana untuk menanggulangi banjir dan dampak dari COVID-19, serta kegiatan webinar.

Kami berharap, semoga Fakultas Farmasi UI dapat terus berprestasi baik dari segi akademik maupun non-akademik hingga tahun-tahun berikutnya serta dapat terus berkontribusi dalam dunia kefarmasian dan kesehatan. Semoga FF UI dapat terus mengharumkan nama Universitas Indonesia.