Guru Besar FF UI: Gejala, Tantangan, dan Perkembangan Vaksin COVID-19

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Guru Besar FF UI: Gejala, Tantangan, dan Perkembangan Vaksin COVID-19

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia melaksanakan acara Dies Natalis ke-9 dengan tema “Maju Bersama Berbakti Pada Negeri” pada Senin (30/11/2020). Rangkaian acara Dies Natalis FF UI ke-9 dilengkapi dengan Orasi Ilmiah oleh Prof. Dr. Maksum Radji, M.Biomed., Apt. dengan topik “Perkembangan Vaksin COVID-19”. Materi awal yang dipaparkan adalah fakta tentang kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia, di antaranya adalah jumlah pasien terinfeksi COVID-19 di dunia dan Indonesia, peta sebaran COVID-19 di Indonesia, kendala dan tantangan dalam pencegahan penularan COVID-19, sifat-sifat, morfologi dan genetika dari virus SARS-CoV-2, dan juga patofisiologi yang ditimbulkan dari COVID-19.

Prof. Maksum menjelaskan beberapa tantangan utama yang harus dihadapi dalam melawan COVID-19 adalah adanya kemampuan mutasi dari virus SARS-CoV-2, kemampuan dan akurasi dari alat deteksi virus SARS-CoV-2, penemuan obat dan vaksin yang masih dalam tahap pengembangan dan sikap masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan. Hal yang menjadi perhatian saat ini adalah munculnya beberapa jenis strain mutasi dari virus SARS-CoV-2. Tipe D614G muncul pada bulan Juli 2020 dan dikhawatirkan mempengaruhi keefektifan vaksin yang sedang dikembangkan, sedangkan tipe Q677H ditemukan pada bulan September 2020 dan masih dilakukan penelitian secara lanjut. Beberapa gejala patofisiologis juga dijelaskan di dalam orasi ilmiah ini, di antaranya adalah kemampuan virus dalam mengakibatkan severe acute respiratory syndrome dan badai sitokin.

Selain itu Prof. Maksum juga menjelaskan tentang gejala yang dialami oleh penderita COVID-19, dan juga kondisi yang mungkin dialami selama masa infeksius virus tersebut misalnya badai sitokin. Presentasi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kelompok yang beresiko tinggi tertular COVID-19, yaitu kelompok yang memiliki penyakit penyerta (hipertensi, diabetes, gagal ginjal dan jantung), berusia lanjut (60 tahun ke atas), mengalami obesitas (BMI di atas 27 kg/m2) dan memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Penyakit hipertensi dan diabetes memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit penyerta lain.  Beberapa metode deteksi COVID-19 juga dijelaskan dalam orasi ilmiah ini, antara lain deteksi dengan antigen (rapid test) dan deteksi materi genetik virus (swab test). Terdapat 2 jenis rapid test yang tersedia, yaitu rapid test berbasis antibodi dan rapid test berbasis antigen. Rapid test berbasis antigen memiliki akurasi sebesar 80%, sedangkan untuk swab test (PCR) memiliki akurasi sebesar 95%. Hal ini yang mendasari bahwa swab test menjadi pengujian konfirmasi pernyataan seseorang positif COVID-19. Beliau juga membahas alat deteksi hasil karya anak bangsa “Genose” yang sedang dikembangkan oleh UGM yang mampu mendeteksi COVID-19 melalui hembusan napas.

Pengembangan obat COVID-19 juga masih terus dilakukan. Hingga saat ini belum ada obat yang spesifik dapat melawan virus SARS-CoV-2. Favipiravir dan Remdesivir adalah 2 nama obat yang telah mendapatkan persetujuan untuk dapat digunakan dalam penanganan COVID-19 oleh FDA dan BPOM. Sedangkan untuk pengembangan vaksin COVID-19 sudah sekitar 150 kandidat yang sedang dikembangkan, antara lain kandidat berbasis RNA, DNA dan viral vector. Selain itu ada juga yang berbasis virus yang dilemahkan, virus yang dimatikan serta subunit dari virus itu sendiri.  Vaksin yang tengah dikembangkan ini diharapkan nantinya akan memberikan respon imun sehingga menimbulkan proses kekebalan terhadap COVID-19. Namun pengembangan vaksin memiliki jangka waktu yang cukup panjang, karena harus melalui proses basic research, pra klinik, uji klinik, pengkajian oleh BPOM dan post market surveillance.

Prof. Maksum menyampaikan bahwa beberapa institusi di Indonesia turut serta dalam proses pengembangan vaksin COVID-19. Institusi tersebut antara lain adalah Lembaga Eijkman (Subunit protein rekombinan), LIPI (Fusi protein rekombinan), UGM (m-RNA, DNA dan virus-like particle), UI (Adenovirus), UNAIR (Adeno-associated Virus).