Fakultas Farmasi UI Selenggarakan Workshop Online Database Micromedex

Search
Close this search box.

Fakultas Farmasi UI Selenggarakan Workshop Online Database Micromedex

Universitas Indonesia telah berlangganan Micromedex atas permintaan Fakultas Farmasi pada bulan Oktober tahun 2014. Micromedex merupakan pangkalan data dalam jaringan (online database) yang memuat informasi lengkap mengenai obat. Micromedex juga memuat informasi yang penting bagi tenaga kesehatan seperti: perbandingan antara obat, efek samping dan interaksi obat. Micromedex dilengkapi dengan fitur-fitur seperti perhitungan dosis untuk pasien dengan keadaan khusus seperti gagal ginjal kalkulator untuk menghitung alveolar-arteriolar oxygen gradient, body mass index dan lainnya.

Untuk mensosialisasikan penggunaan software ini, maka Fakultas Farmasi mengadakan workshop bagi dosen di lingkungan Rumpun Ilmu Kesehatan UI. Workshop Micromedex yang diselenggarakan oleh FFUI dan Truven Health Analytic merupakan kegiatan sosialisasi cara penggunaan online database tersebut.

Acara workshop tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Februari 2015 di Laboratorium Komputer RIK KB-207 dan menghadirkan Dr. Retnosari Andrajati sebagai dan Mr. Kevin Yeap sebagai narasumber. Workshop yang berlangsung dari pukul 09.00 – 12.30 WIB terdiri atas dua sesi. Sesi pertama adalah pemaparan mengenai efek samping obat dan interaksi obat (adverse drug reaction and drug interaction) oleh Dr. Retnosari Andrajati yang merupakan dosen senior di bidang Farmasi klinik. Pada sesi kedua peserta mempraktikkan cara menggunakan database tersebut secara langsung dengan panduan dan arahan Mr. Kevin Yeap selaku Regional Manager for South East Asia, Truven Health Analytic.

Workshop juga dihadiri oleh perwakilan dari Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan perwakilan bagian Teknologi Informasi Rumah Sakit Pendidikan Universitas Indonesia. Diharapkan ke depannya software ini dapat digunakan dan dimanfaatkan fasilitas serta fitur-fiturnya baik dalam kegiatan pembelajaran maupun praktis di lapangan.

Untuk iformasi lebih lanjut mengenai Micromedex silakan kunjungi website http://farmasi.ui.ac.id

HUMAS FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS INDONESIA