Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Meraih Prestasi pada Acara Pharmacopeia 2015

Search
Close this search box.

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Meraih Prestasi pada Acara Pharmacopeia 2015

Pharmacopeia 2015 merupakan acara yang diadakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran. Salah satu rangkaian acara pharmacopeia adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) dengan tema “Inovasi Strategi Promosi Kesehatan Oleh Apoteker Untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Indonesia”. Lomba ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi mahasiswa terkait promosi kesehatan oleh tenaga kesehatan apoteker guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

Pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015, sepuluh finalis karya tulis ilmiah terbaik diundang untuk menyampaikan presentasi di Fakultas Farmasi Unpad. Dari sepuluh finalis karya terbaik, terdapat tiga tim perwakilan Universitas Indonesia. Kelompok tersebut masing – masing diketuai oleh Bahagia Wiba Cyntia, dengan judul “Smart Pharmacist Game : Permainan Edukasi Berbasis Smartphone untuk Meningkatan Pengetahuan Masyarakat Mengenai Informasi Obat di Indonesia”; Freddyhan Suhargo, dengan judul “Halo Apoteker.id : Media Edukasi dan Interaksi Apoteker – Pasien Berbasis XMPP Guna Meningkatkan Pelayanan Kefarmasian di Indonesia”; serta Ayu Aditya Andayani, dengan judul “Inovasi Aplikasi Smart + Antibiotics untuk Meningkatan Keamanan Penggunaan Antibiotik Oleh Apoteker”.

Dewan juri yang dihadirkan pun berasal dari berbagai kalangan, mereka merupakan orang-orang yang ahli dalam bidang kefarmasian, antara lain perwakilan dari IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) Bandung; perwakilan dari Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung (RSHS); dan perwakilan dosen dari Universitas Padjajaran. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh beliau merupakan pertanyaan yang sangat erat relevansinya dengan tema yang diusung Pharmacopeia 2015, yakni mengenai peningkatan promosi kesehatan oleh apoteker.

Dalam presentasi Karya Tulis Ilmiah, para peserta mengemukakan ide inovasi yang dinilai oleh dewan juri. Dua tim Fakultas Farmasi UI berhasil meraih prestasi menjadi juara 2 dan 3. Juara dua diraih oleh tim Freddyhan Suhargo, Fransisca Fortunata, dan Kholid Abdul Hafidz. Sementara juara tiga diraih oleh tim Bahagia Wiba Cyntia, Afifah Patriani, dan Aprila Suprihendina.

Humas Fakultas Farmasi
Universitas Indonesia

154772 138210