Laboratory Hub, Digital Startup Owned by Pharmacy UI Students Provides Testing Services and Lab Equipment Rental

Search
Close this search box.

Laboratory Hub, Digital Startup Owned by Pharmacy UI Students Provides Testing Services and Lab Equipment Rental

Laboratory Hub by Pharm.Ex (https://www.laboratoryhub.id/), salah satu startup digital yang menyediakan layanan pengujian dan penyewaan alat laboratorium. Startup tersebut merupakan hasil inovasi dari mahasiswa UI dan meraih dukungan pendanaan dari Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP UI), melalui program UI Incubate Tahun 2023.

Foto: Tampilan platform Laboratory Hub

Komposisi tim Laboratory Hub by Pharm.Ex (Labhub) terdiri mahasiswa Fakultas Farmasi (FF) UI dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI. Tim tersebut antara lain, M. Mishbahus Surur, S.Farm (mahasiswa FF UI) selaku Chief Executive Officer (CEO), Mauna Munifah Indarwati, S.Farm (mahasiswa FF UI) selaku Chief Financial Officer (CFO), Nur Indah Iriana, S.KL (mahasiswa FKM UI) selaku Chief Marketing Officer (CMO), dan Raihana Ghibtha Putri (mahasiswa FF UI) selaku Chief Technology Officer (CTO). Serta tim Labhub juga dibimbing oleh Mentor Akademik, yaitu Prof. Dr. apt. Arry Yanuar, M.Si. (Dekan FF UI).

Foto: Tim Perintis Laboratory Hub by Pharm.Ex

Pada tahun 2023, Labhub berhasil lolos di tahap Problem Solution Fit (PSF) pada bulan April, sekaligus lolos lanjut ke tahap Product Market Fit (PMF) pada bulan Juli. PSF adalah program perusahaan rintisan berbasis teknologi (UI Incubate) yang ditujukan untuk memfasilitasi civitas UI melakukan validasi terhadap ide bisnis yang dimiliki sebelum membuat produk yang akan dijual ke market, sedangkan PMF adalah program perusahaan rintisan berbasis teknologi (UI Incubate) yang ditujukan untuk memfasilitasi civitas UI dalam melakukan validasi pasar dan menyempurnakan purwarupa hingga menjadi purwarupa industri yang mempertimbangkan ketersediaan bahan baku serta aspek keekonomian.

Founder Labhub, M. Mishbahus Surur, S.Farm menyampaikan bahwa program UI Incubate yang diselenggarakan DISTP UI ini turut mendorong munculnya inovasi dan pertumbuhan startup di Universitas Indonesia.

“Program UI Incubate telah mendorong bertumbuhnya karya-karya inovasi dari civitas akademika UI, baik dosen, alumni, dan mahasiswa. Tidak hanya dukungan berupa pendanaan, tim startup juga dibina melalui program mentoring, pelatihan, workshop, dan networking dengan sejumlah institusi/perusahaan”, ujarnya.

Ide Labhub berawal dari keresahan rekan perkuliahan founder dalam mencari layanan pengujian/analisis produk. Di saat hasil riset dibutuhkan dalam waktu mendesak, namun fasilitas layanan pengujian masih terbatas dan cenderung mengantre. Hadirlah Labhub sebagai platform pusat informasi layanan pengujian dan penyewaan alat laboratorium, Labhub menghubungkan beragam perguruan tinggi dan laboratorium swasta. Labhub menawarkan kemudahan transaksi, akses yang informatif, dan efisiensi layanan bagi customer. Selain itu, menawarkan kemudahan manajemen aset dan pemasaran bagi pada mitra bisnis.

Foto: Pitching Demoday Uni Incubator Consortium 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia

Pada November 2023 kemarin, Labhub juga turut tampil di acara Demo Day UI Incubate 2023 bersama startup binaan DISTP UI lainnya di FX Mall Senayan, Jakarta. Labhub juga tampil sebagai delegasi UI dalam acara University Incubator Consortium (UNIIC) Demo Day and ASIP Conference 2023 di Asia Pasific University (APU) Kuala Lumpur, Malaysia yang diikuti 6 negara di Asia Tenggara pada September 2023 lalu.

Foto: Awarding Demoday Uni Incubator Consortium 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia

“Kami (Laboratory Hub) terus berupaya untuk menjangkau dan mengaktivasi lebih banyak jejaring laboratorium riset di Indonesia, sehingga semakin mempermudah akses masyarakat, UMKM, dan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan pengujian produk dan penyewaan alat laboratorium, dengan dilengkapi beragam alat dan fasilitas yang memadahi”, ungkap Surur, panggilan akrab dari CEO Laboratory Hub by Pharm.Ex.