Short Course FFUI Bahas Langkah Penulisan Systematic Review dan Meta Analysis

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Short Course FFUI Bahas Langkah Penulisan Systematic Review dan Meta Analysis

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) mengadakan Short Course under Global Academic Program dengan tema “How to conduct and write systematic review and meta analysis : An Introduduction” pada Senin (22/3/2021). FFUI mengundang pemateri dari luar negeri, yaitu Datin Prof. Dr. Zoriah Binti Aziz, B.Pharm(Hons), M.Sc., M.App Stats, Ph.D, R.Ph, yang merupakan Dekan dan Profesor dari MAHSA University. Acara dipandu oleh apt. Ayun Erwina Arifianti, M.Farm., yang merupakan dosen FFUI.

Kuliah dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom yang dibuka untuk umum dan dihadiri oleh lebih dari 150 peserta. Walaupun dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh peserta dari berbagai negara, acara berlangsung dengan lancar tanpa kendala. Acara diawali dengan pembukaan dan perkenalan oleh MC, sambutan singkat oleh Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. (Dekan FFUI), dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan materi oleh Prof. Zoriah, dan terakhir sesi diskusi.

Dalam pemaparannya, Prof Zoriah menyampaikan pentingnya memiliki keterampilan melakukan systematic review dan meta analysis. “Keterampilan untuk melakukan systematic review dan meta analysis merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan untuk mensintesis, menarik kesimpulan dari sejumlah hasil penelitian yang bisa jadi kontradiktif (diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)”, ujar Prof. Zoriah.

Lebih lanjut, Prof. Zoriah mengatakan bahwa tidak semua systematic review dapat dibuat meta analysis. “Untuk membuat meta analysis, harus melakukan systematic review terlebih dahulu, dan meta analysis hanya bisa dilakukan jika hasil systematic review dapat diestimasi memiliki efek, dan tidak ada perbedaan pada karakteristik studi (diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)”, kata Prof. Zoriah.

Prof. Zoriah juga menjelaskan lima tahapan dalam melakukan systematic review dan meta analysis, yaitu (1) Menentukan judul dan pertanyaan review yang terfokus (tidak boleh terlalu general); (2) Develop protocol; (3) Pencarian komprehensif terhadap studi yang relevan; (4) Data extraction dan critical appraisal; (5) Interpretasi hasil systematic review.

Short course ini diharapkan dapat membantu para peneliti dan akademisi untuk dapat menyusun systematic review dan meta analysis dengan baik. Banyak sekali ilmu yang bermanfaat yang didapatkan dari pemaparan Prof. Zoriah yang bisa diterapkan.