FFUI Selenggarakan 8 Lecture pada Virtual Summer Course 2022

FFUI Selenggarakan 8 Lecture pada Virtual Summer Course 2022

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia telah sukses menyelenggarakan acara Virtual Summer Course 2022 dengan tema “Advanced in Pharmaceutical Sciences”. Rangkaian acara ini diselenggarakan pada tanggal 18—26 Agustus 2022 dan terdiri dari 8 sesi perkuliahan. Para peserta yang menghadiri acara akan mendapatkan sertifikat untuk setiap sesinya.

Di hari pertama Virtual Summer Course 2022, yaitu pada 18 Agustus 2022, Prof. Dr. apt. Arry Yanuar, M.Si. (Dekan FFUI) secara resmi membuka seluruh rangkaian acara serta menyampaikan sambutannya. Pada kesempatan tersebut, Prof Arry berharap agar seluruh mahasiswa baik dari Indonesia maupun mancanegara bisa menikmati dan mendapatkan manfaat dari Virtual Summer Course 2022 yang akan diisi oleh beberapa Profesor dari Universitas Indonesia serta dari luar negeri. “Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para Profesor yang telah berkontribusi disini,” ungkap Prof Arry lebih lanjut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Lecture 1 yang diisi oleh Prof. Dr. Hiroharu Ajiro (Nanomaterials and Polymer Chemistry Laboratory, Materials Science Division, NAIST, Japan) dengan topik “Synthesis and Preparation of Novel Functional Polymers Using Trimethylene Carbonate Derivatives and N-Vinyl Amide Derivatives”. Keesokan harinya, yaitu pada 19 Agustus 2022, Prof. Masafumi Muratani, Ph.D. (Department of Genome Biology, Faculty of Medicine, University of Tsukuba, Japan) mengisi Lecture 2 dengan topik “Genomic Analysis and Methods used in COVID-19 Research and Space Research”.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan pada 23 Agustus 2022 yang terdiri dari dua sesi perkuliahan, yaitu Lecture 3 dan Lecture 4. Lecture 3 dengan topik “Development of Biopolymers” diisi oleh Assoc. Prof. Dr. Tran Thi Thuy (School of Chemical Engineering Hanoi University of Science and Technology, Vietnam). Sedangkan, Lecture 4 diisi oleh Assoc. Prof. Dr. Nguyen Thu Ha (School of Chemical Engineering Hanoi University of Science and Technology, Vietnam) dengan topik “Hydrogel Based on Cellulose: Preparation and Application”.

 

Pada 24 Agustus 2022, diadakan dua sesi perkuliahan, yaitu Lecture 5 dan Lecture 6. Lecture 5 diisi oleh Assoc. Prof. Dr. Seiya Mizuno (Lab animal resource center, University of Tsukuba, Japan) dengan topik “Learn the Basics of Genetically Modified Mice for Conducting Effective In Vivo Research”. Sedangkan, Lecture 6 diisi oleh Dr. Swarit Jasial (Assistant Professor, Data Driven Chemistry, NAIST, Japan) dengan topik “Chemoinformatics: In Silico Techniques Applied to a Range of Problems in Chemistry”. Selanjutnya, pada 25 Agustus 2022, Prof. Dr. apt. Arry Yanuar, M.Si. (Biomedical Computation and Drug Design Laboratory, Faculty of Pharmacy, Universitas Indonesia, Indonesia) mengisi Lecture 7 dengan topik “The Role of Molecular Docking: Success Story and Practice”.

Pada 26 Agustus 2022, Prof. apt. Silvia Surini, M.Pharm.Sc., Ph.D. (Laboratory of Pharmaceutics and Pharmaceutical Technology, Faculty of Pharmacy, Universitas Indonesia, Indonesia) mengisi Lecture 8 dengan topik “Transdermal Drug Delivery System Based on Herbal Bioactives Using Nanocarriers”. Pada hari terakhir ini, diadakan Cultural Session and Networking Event serta penyampaian kata penutup oleh Dekan FFUI, Prof. Dr. apt. Arry Yanuar, M.Si. Hal ini sekaligus menutup rangkaian acara Virtual Summer Course 2022 yang telah diselenggarakan selama 6 hari. “Saya harap semua sesi perkuliahan ini dapat menambah wawasan para mahasiswa,” ujar Prof Arry. Lebih lanjut, Prof Arry juga berharap agar Summer Course selanjutnya dapat diadakan secara luring dan banyak peserta dari mancanegara yang bisa datang ke Indonesia.