Introduction Lecture “ Pharmacotherapy : Infectious Disease”

Cari
Tutup kotak pencarian ini.

Introduction Lecture “ Pharmacotherapy : Infectious Disease”

Pada Rabu (12/07/2023), Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FF UI) mengadakan kuliah pengantar berjudul “Farmakoterapi: Penyakit Menular”. Acara ini merupakan bagian dari program “Hybrid Internasional Course” yang dipandu oleh apt. Nadia Farhanah Syafhan, M.Si., Ph.D., dan apt. Nisa Maria, M.Farm.

Kegiatan dimulai pada pukul 18.30 WIB dengan sesi perkenalan peserta sebelum sesi pemaparan apt. Nadia Farhanah Syafhan, M.Si., Ph.D. Dalam pemaparannya, Bu Nadya menjelaskan bahwa kuliah ini mencakup 7 topik, di mana setiap topiknya dipandu oleh dosen -dosen yang berpengalaman dibidangnya.

  • Tuberculosis diisi oleh apt. Nadia Farhanah Syafhan, M.Si., Ph.D., dan apt. Nisa Maria, M.Farm.
  • Bronkitis dan Pneumonia diisi oleh Prof. apt. Rani Sauriasari, M.Med.Sci., Ph.D. dan apt. Hindun Wilda Risni, M.Farm.
  • Tifus diisi oleh Prof. apt. Rani Sauriasari, M.Med.Sci., Ph.D. dan apt. Larasati Arrum Kusumawardani, M.Si.
  • Malaria dan Filariasis diisi oleh Prof. Dr. apt. Retnosari Andrajati, M.S. dan apt. Larasati Arrum Kusumawardani, M.Si.
  • Dengue diisi oleh apt. Kartika Citra Dewi Permata Sari, M.Farm. dan apt. Nisa Maria, M.Farm.
  • HIV diisi oleh apt. Kartika Citra Dewi Permata Sari, M.Farm. dan apt. Hindun Wilda Risni, M.Farm.

Bu Nadya juga menyebutkan bahwa tujuan dari perkuliahan ini adalah membantu mahasiswa mempelajari manajemen terapi penyakit dan mengembangkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi, mencegah, atau menyelesaikan masalah terkait obat berdasarkan pedoman terapi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Question-Based Learning (QBL), di mana peserta akan diberikan daftar pertanyaan satu minggu sebelum topik dimulai dan diminta untuk menyiapkan presentasi PowerPoint berdasarkan pertanyaan tersebut. Sesi selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juli pukul 15.00 WIB melalui Telekonferensi Zoom Meeting.